Tuesday, August 7, 2012

10 Kiat Menulis Fiksi Horor dari Stephen King

stephen king the king of horror
heyuguys.co.uk
Kalau pada postingan-postingan tentang tips menulis horor itu berasal dari pengalaman saya dan teman penulis horor Indonesia, kali ini saya ingin men-share tips menulis horor dari ahlinya langsung, tidak lain tidak bukan adalah Stephen King - si empunya horor. Tips ini saya dapatkan dari blog Cermindc. Mudah-mudahan berguna bagi kita semua yang menyukai tulisan dan cerita horor. Selamat membaca...

Bagi anda yang tertarik untuk menjadi penulis novel fiksi,atau baru mencoba-coba untuk menulis, mungkin buku karya Stephen King yang berjudul Stephen King-On Writing-A Memoir of the Craft bisa menjadi salah satu bahan bacaan anda.

Dalam buku ini, Stephen King, yang dijuluki “the King of Horror” karena karya-karyanya yang bergenre horor dan terjual jutaan copy, menuliskan autobiografinya sekaligus berbagi kiat – kiat dan pengalamannya dalam menciptakan karya – karya fiksinya.

Beberapa kiat yang saya temukan dalam buku ini, antara lain:

1. Belajarlah mengenali ide saat dia datang mendekatimu. Ide bisa datang kapan saja dan dimana saja, yang penting adalah apakah anda menyadari bahwa hal tersebut bisa diangkat menjadi cerita yang menarik.

2. Jangan menggunakan kata keterangan terlalu banyak. penggunaan banyak kata keterangan bisa membuat cerita fiksi menjadi membosankan dan terasa hanya seperti sebuah laporan tanpa membawa emosi pembacanya larut dalam cerita. (Untuk yang ini saya masih kurang ngeh maksudnya, ada yang bisa menjelaskanya, silakan berkomentar di kotak komentar)

3. Tulis apa yang ingin anda tulis! Kalau anda merasa terinspirasi untuk menulis cerita drama, horor, atau apapun, jangan ragu – ragu untuk memulai menuliskannya.

4. Gunakan kalimat – kalimat yang lugas. Kalimat – kalimat yang singkat dan lugas akan membangkitkan daya imajinasi para pembaca. Daripada mendeskripsikan setiap hal dalam cerita anda secara detail, mungkin ada baiknya anda hanya menuliskan satu kalimat singkat untuk menggambarkannya dan biarkan para pembaca anda mempunyai gambaran sendiri tentang hal tersebut.

5. Jangan menetapkan tema. Mulailah menulis dari satu kejadian yang ingin anda tulis. lalu kembangkan ceritanya dari titik itu, biarkan tokoh – tokohnya bercerita sendiri. Akhirnya lakukan penulisan ulang cobalah temukan “sesuatu” yang menjadi benang merah yang ingin disampaikan oleh cerita tersebut, perjelas “sesuatu” tersebut.

6.  Gunakan hal-hal yang anda ketahui hanya untuk memperkaya cerita. Misalnya hal – hal dalam pekerjaan anda. Kebanyakan orang mungkin tidak tertarik untuk mengetahui bagaimana keseharian seorang penjaga toko, tapi petualangan seorang penjaga toko yang menyaksikan pembunuhan dan diburu sekelompok penjahat bisa menjadi cerita yang menarik.

7.  Perbanyak membaca, dan banyaklah menulis! Karya penulis lain bisa memberi anda inspirasi dan membantu anda untuk menemukan gaya menulis anda sendiri.

8.  Tetapkan waktu yang teratur setiap hari untuk menulis. Kalau anda sudah memiliki jadwal tertentu untuk menulis, menulis pada akhirnya mungkin menjadi kebiasaan anda dan anda bisa menuliskan novel anda sendiri.

9.  Menulislah di ruangan tertutup. anda harus punya tempat pribadimu untuk menulis. Hal ini diperlukan agar konsentrasi anda saat menulis tidak terganggu.

10.  Bacalah tulisanmu, hanya untuk dirimu sendiri. Setelah anda bisa memahami tulisan anda sendiri, berbagilah dengan pembaca pertama anda dan minta pendapatnya.

Inilah 10 tips menulis cerita horor ala Stephen King - The King of Horror. Selamat menerapkan pada tulisan anda.

0 komentar