Tuesday, May 29, 2012

4 Eksotisme Mistis Suku Batak

Setelah 3 Eksotisme Magis Suku Dayak, cerpenhoror kini akan menjelaskan tentang eksotisme mistis suku batak.

Pinggan Pasu
Adalah sebuah piring keramik besar yang menjadi "halak Batak". Menurut ceritanya, pinggan pasu berasal dari China abad ke-17 (zaman Dinasti Ching).

Pinggan pasu digunakan raja-raja Batak ketika melakukan ritual di tanah Batak.

Sebagian masyarakat Batak percaya bahwa pinggan pasu memiliki tiga keunikan (kekuatan magis).
  1. Penawar racun.
  2. Penawar air asin.
  3. Membuat makanan tidak basi.
Selain tiga keunikan tersebut, masyarakat Batak percaya bahwa pinggan pasu dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif.

Sigale-gale

Dalam tradisi masyarakat Batak, Sigale-gale adalah boneka kayu yang dimainkan oleh manusia dengan tali. Boneka yang dimainkan saat upacara adat ini diiringi musik gondang sabangunan. Gerakan khas Sigale-gale adalah tarian tor-tor.

Menurut legenda, sigale-gale adalah "sosok pengganti" anak Raja Rahat. Raja Rahat memiliki seorang putra yang sangat dicintainya. Suatu hari, putra Raja Rahat sakit hingga akhirnya meninggal dunia.

Demi mengobati rasa kehilangannya, Raja Rahat memerintahkan tukang ukir membuat sebuah boneka kayu yang diberi nama sigale-gale. Menariknya, kostum sigale-gale memakai kain ulos - kain yang dipakai orang-orang Batak dalam upacara adat dan pertemuan-pertemuan.

Sigale-gale merupakan salah satu warisan nenek moyang orang-orang Batak pra-Kristen.

Batu Hobon
Orang Batak di kawasan Samosir tentu akrab dengan Batu Hobon. Batu yang dikenal sakral. Nama batu hobon diperoleh dari bentuk rongga yang ada di bawahnya. Keyakinan setempat menganggap batu hobon sebuah lorong.

Berikut di bawah ini adalah kisah-kisah mistis yang pernah terjadi. Percaya tidaknya diserahkan kepada masing-masing pembaca saja.

Seorang pejabat Pangururan semasa penjajahan Belanda ingin membuka batu hobon. Bersama timnya, ia membawa bahan peledak dan alat-alat lain. Waktu ingin meledakkannya, tiba-tiba turun hujan. Di batu hobon juga seketika itu juga ada seekor ular. Dari langit pun muncul seberkas sinar tepat ke arah batu hobon. Semua tim pingsan. Bahkan pejabat Pangururan meninggal dunia setelah kembali ke tempat asalnya.

Pada masa PRRI, seorang tentara berusaha menembaki baru hobon dengan senjatanya. Namun sampai pelurunya habis batu hobon tak mengalami kerusakan apapun. Malah si tentara yang meninggal dunia.

Hadatuon
Adalah ilmu supranatural dan natural yang diajarkan dan didapatkan oleh orang-orang tertentu saja. Orang-orang ini disebut sahala hadatuon. Proses penyampaiannya bersifat isoteris, artinya tertutup hanya diketahui antara guru (datu) dan murid.

Ilmu hadatuon bersumber pada Pustaha Agong. Buku laklak (kulit kayu) yang berisi ilmu hadatuon secara lengkap.

Konon, buku tersebut diwariskan oleh raja Batak kepada anaknya Guru Tatea Bulan yang menjadi datu (guru pertama). Tatea Bulan kemudian mewarisinya kepada anak-anaknya.

1 komentar: