Monday, June 25, 2012

Bagaimana Menjadi Seorang Penulis Cerpen / Novel Horor

Cerpen Horor - Selasa lalu kita sudah membicarakan mengenai cara mencari referensi untuk menulis cerpen / novel horor. Dan pada Selasa ini kita akan membicarakan hal-hal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penulis cerpen / novel horor. Tentu saja, seorang penulis cerpen / novel horor bisa dikatakan tidak jauh berbeda dengan penulis fiksi genre lainnya. Berikut ini tim redaksi Cerpen Horor akan menjelaskan:

Bagaimana Menjadi Seorang Penulis Cerpen / Novel Horor
lessonstream.org

1. Pahami Referensi yang Kamu Miliki
Menulis fiksi adalah menulis kreatif. Dalam proses penulisan kreatif, imajinasi memang berperan sangat penting. Namun, untuk memperluas imajinasi, kamu membutuhkan referensi yang banyak. Ketika referensi kamu banyak dan imajinasi kamu banyak, tentu akan sangat mudah menciptakan 'dunia' cerita horor kamu.

2. Bawalah Buku Catatan Kemana Pun Kamu Pergi
Ide bisa didapat di mana saja. Secepat ia datang, secepat itu juga ia pergi. Untuk mengikat ide supaya ia tidak pergi lagi maka butuh dicatat. Kita tidak hanya mencatat juga harus mengingat. Tapi membuat catatan tetap lebih baik ketimbang kita kehilangan semua ide itu seandainya kita lupa.

3. Membaca
Menulis tanpa membaca? Mustahil bisa. Dengan banyak membacalah, kita dapat belajar dari penulis lain. Cara menulis, cara mereka mengungkapkan permasalahan dalam tulisannya. Karena itu, membaca merupakan salah satu cara agar kita bisa menjadi penulis.

4. Bertemu dengan Orang Lain
Hal inilah yang jarang dilakukan oleh banyak penulis di Indonesia. Walaupun cerita horor berkaitan dengan hantu dan setan, namun karakter tokoh manusia yang kuat tetap dibutuhkan. Aktivitas menulis adalah aktivitas kesendirian. Jika tidak kuat bisa bikin stres. Karena itu, bertemu dengan orang lain menyeimbangkan aktivitas kesendirian. Selain juga berfungsi sebagai membuat karakter.

Itulah 4 cara untuk menjadi seorang penulis cerita horor versi Cerpen Horor.

Tim redaksi Cerpen Horor

4 komentar