3 Kiat Mencari Referensi untuk Menulis Novel / Cerpen Horor | Cerpen Horor
Home » » 3 Kiat Mencari Referensi untuk Menulis Novel / Cerpen Horor

3 Kiat Mencari Referensi untuk Menulis Novel / Cerpen Horor

Written By Admin Cerpen Horor on Monday, June 18, 2012 | 11:14 PM

Banyak orang takut menulis novel / cerpen horor karena ketakutan sendiri. Meski sebenarnya cerita horor sama dengan cerita lainnya. Saat sudah menyukai cerita horor bisa jadi malah kecanduan membaca cerita horor dengan suspence yang menarik dan mendebarkan.

Cerita horor yang menarik dan mendebarkan sangat disukai pembaca. Hal tersebut tentu tidak bisa dilepaskan dari peran penulis merangkaikan kalimat demi kalimat dan mengolah referensi dengan baik.

Seperti biasa, setiap hari Selasa akan diposting website Cerpen Horor akan membagi kiat menulis cerita horor. Pada kesempatan kali ini, tim redaksi cerpen horor akan membagikan kiat mencari referensi untuk menulis novel /cerpen horor, yaitu:

1. Kultur pasar naskah anda

Oke, kita umpamakan saja, anda menulis di Indonesia. Tentu saja banyak kultur (budaya) Indonesia sangat beragam dan banyak yang bersentuhan dengan misteri-misteri yang masih terselubung. Anda bisa menggabungkan beberapa kultur ini di dalam tulisan anda.

Pocong, kuntilanak, genderuwo merupakan kultur yang berkembang di bumi Indonesia. Anda dapat menggunakan kultur tersebut dalam jalinan cerita anda, meskipun kultur orang masa kini sudah bosan dengan cerita mengenai hantu-hantu tersebut, tetap saja ada sisi menarik yang bisa anda tulis. Buat perbedaan dengan menambah jumlah referensi anda.

2. Datangi tempat-tempat wingit

Saya tidak sedang mengajari anda untuk bertapa di suatu tempat. Tapi proses mendapatkan ide juga bisa dimulai dengan datang ke lokasi yang akan anda masukkan di dalam naskah anda. Tentu saja yang menurut anda cocok.

Pelajari sejarah tempat tersebut, anda dapat mewawancarai beberapa orang setempat untuk memperoleh keterangan. Jika diperlukan foto tempat tersebut supaya bisa anda lihat lagi kemudian hari. Saya pernah membuktikannya.

3. Cocokkan satu sumber dengan sumber lainnya

Mengklarifikasi sumber disebut mengkritik. Walaupun tulisan yang anda buat adalah fiksi, namun tulisan anda harus tetap berada dalam jalur yang benar dan logis. Sekali tidak logis, pembaca anda akan ngedumel.

Kiranya itu saja yang bisa tim redaksi jabarkan dalam postingan kiat menulis novel / cerpen horor. Pengembangannya tergantung kemampuan dan kemauan anda.

Sumber gambar:
nadiabocil.blogspot.com

2 komentar:

  1. trimakasih, sebuah motivasi yang pas untuk peminat horor

    by the way, template nya bagus bener mas, apa bisa saya mendownload atau ini dijual?

    mohon jawabannya, o ya, blog ini saya pasang link di blog saya bolehkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas apresiasinya. Templatenya silakan donlot pak, anda bisa search di google dengan keyword "free template blogspot" atau yang sejenisnya. Untuk links silakan pak, diizinkan :), kami sangat senang.

      Delete