Tuesday, May 22, 2012

Ulasan mengenai Foto Penampakan Semar,

Baru-baru ini kita dihebohkan kembali oleh sebuah foto penampakan Ki Lurah Semar atau biasa disebut Semar di lereng Gunung Sumbing, Jawa Tengah.

Menurut sumber yang saya dapatkan dari merdeka.com, foto ini diunggah kontributor Trans 7 wilayah Kedu, Tri Joko Purnomo yang memasangnya menjadi profil Blackberry Messenger (BBM)-nya. Dalam waktu kurang dari satu jam ratusan komentar dari kolega, rekan, dan sanak saudaranya membanjiri BBM.


Saya pun teringat kembali tentang penampakan yang terjadi di saat Gunung Merapi meletus. Coba simak berita yang saya ambil dari Youtube.
Penasaran, saya pun mencari sumber-sumber sejenis yang berkaitan dengan foto penampakan. Hasilnya, saya mendapatkan berita-berita sejenis yang tidak disertai analisis dan bukti-bukti kuat tentang penampakan Semar. Bukan berarti saya mengatakan bahwa Tri berbohong dalam hal ini.

Akan tetapi, setelah membaca artikel Inbox: Foto penampakan naga di langit Parangtritis? saya tidak mau begitu saja terprovokasi bahwa itu adalah penampakan Semar, dalam arti sesungguhnya, dalam wujud awan.

Dalam postingan tersebut dijelaskan bahwa pernah ada penampakan naga di langit Parangtristis yang juga menghebohkan warga Jogja beberapa waktu lalu. Namun, setelah diselidiki tidak juga ditemui kebenaran bahwa penampakan tersebut adalah naga yang sesungguhnya.

Justru sebaliknya, malah ditemui fakta bahwa awan yang melintas yang menyerupai naga itu adalah awan morning glory.
Tapi, jangan salah juga, awan juga bisa berbentuk bermacam-macam lho. Malah ada awan berbentuk Godzilla, naga dan sebagainya.
Nah, kembali lagi ke persoalan foto penampakan Semar di lereng Gunung Sumbing, saya pikir hal tersebut adalah fenomena biasa. Ada dua alasan kenapa saya menyebut seperti itu, pertama, seperti kita lihat beberapa foto-foto di atas, awan bisa berbentuk apapun tergantung yang melihatnya. Kedua, foto itu terlalu gelap untuk bisa dinilai apakah awan tersebut mirip bentuknya dengan Semar.

Itu saja, pendapat saya mengenai hal ini. Mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar