Thursday, November 8, 2012

Di Balik Kisah-kisah Mengerikan Mitos Mengenai Vampire [Part II]


Nah, setelah mengenal vampire melalui mitos-mitos, hingga bagaimana cara seseorang bisa menjadi vampire di tulisan bagian 1, kini marilah kita mengenali ciri-ciri jika ada vampire di dekat kita. Selain itu, bagaimana ilmu pengetahuan modern menjelaskan fenomena mahluk ganjil yang disebut vampire ini

Jika disuatu tempat terjadi kematian2 aneh dan ganjil, orang2 menjadi lemas dan pucat pasi seperti kehilangan darah, atau penyerangan oleh ‘sesuatu’ yang tidak bisa dijelaskan, dan sebelum itu semua terjadi, pernah juga seseorang meninggal di sana dengan cara tidak wajar. Bisa jadi, vampir ada disekitar kita. Lalu bagaimana kita bisa mengetahui ciri-cirinya?

Ada beberapa ciri khas yang bisa dijumpai di mayat yang dicurigai sebagai vampir, dan ciri2 di sekitar makam mayat itu yaitu :

1. mayat dengan keadaan mata dan mulut terbuka, keadaan wajah yang gemuk dengan wajah kemerahan, dan tidak ada tanda2 terjadinya pembusukan.
2. Rambut dan kukunya tumbuh panjang
3. Ada darah dimulut, dan taringnya memanjang
4. peti mati yang penuh cakaran
5. tungkai yang lentur
6. hati yang memutih
7. di tanah makam itu, ada lubang2 sebesar jari (diduga sebagai lubang untuk bernafas)
8. batu nisan dan peti yang berpindah tempat (karena vampir bangun di malam hari)
9. keadaan tanah sekitar makam yang rusak
10. ada jejak kaki berasal dari dalam makam
11. kuda dan anjing tidak mau memasuki makam, anjing bahkan menyalak keras. dan angsa bahkan berisik saat di dekat makam itu
12. terdengar suara mengerikan seperti erangan atau rintihan dari makam.

Lalu ciri2 orang yang terkena gigitan vampir:


1. Tidak bisa tidur nyenyak
2. mimpi buruk
3. Anemia
4. ada bekas gigitan di leher
5. kecapekan berlebihan
6. sesak napas dan sulit bernapas
7. tidak ada selera makan, dan berat badan turun drastis
8. mendadak tidak menyukai bawang putih, dan perubahan aneh pada gigi taring

Wah, saya curiga dengan seseorang yang saya pikir dia adalah vampir, lalu apa ciri2nya?

1. Ada taring tajam dan aneh di giginya, mata yang merah, dan kuku yang panjang
2. Pucat
3. enggan masuk ke rumah tanpa diundang
4. telapak tangan berbulu
5. menghindari cahaya terang, jarang kelihatan saat siang hari
6. tidak ada selera makan, dan memiliki langkah kaki yang pelan
7. nafas bau busuk dan seperti bau darah.

Gawat, memang ada vampir di makam itu, lalu apa yang harus diperbuat?


1. Mayat itu dikubur dengan pancang kayu yang menancap ke tanah, lalu sebuah pancang kayu harus di tusuk ke jantungnya
2. bakar mayat hingga jadi abu, buang abunya jauh dari desa
3. Kubur mayat itu dengan keadaan wajah menghadap tanah
4. tarulah bawang putih di mulutnya, dan patahkan lehernya
5. tarulah mayat kucing didekatnya, agar pada saat ia bangun, ia akan sibuk menghitung bulunya
6. tarulah uang di mulutnya

Vampir vs ilmu pengetahuan

Mengerikan ya ciri2 di atas? Well, para ahli berusaha menjelaskan semua kejadian ajaib itu dengan ilmu pengetahuan. Harap di catat juga, bisa jadi mitos dan legenda itu terjadi karena memang kejadian yang bisa dijelaskan dengan ilmu pengetahuan, namun karena kurangnya pengetahuan masyarakat saat itu, mereka jadi menyangkut pautkannya dengan tahayul.

1. Penyakit Rabies
Ada kesamaan ciri2 penderita rabies dengan ciri-ciri vampir, misalnya takut terhadap sinar terang, sensitf dengan bau2 tajam, takut air, dan otak yang terganggu sehingga orang itu akan terbalik jam tidurnya menjadi siang hari, dan aktif di malam hari. Selain itu, hewan2 seperti kelelawar dan srigala yang diasosiasikan dengan vampir, adalah salah satu hewan yang membawa virus rabies dengan gigitan mereka.

2. Proses dekomposisi
Kurangnya pengetahuan di jaman dulu, menyebabkan terjadinya salah paham tentang proses dekomposisi, atau pembusukan mayat. Pembusukan mayat itu tergantung dengan beragam faktor misalnya saja keadaan tanah, dan orang-orang jaman dulu tidak mengetahui bagaimana proses pembusukan itu terjadi.

Well, ilmu pengetahuan modern mengetahui bahwa saat proses dekomposisi terjadi, mayat akan membengkak karena adanya gas yang menyebabkan tekanan darah naik ke hidung dan mulut, sehingga terlihat seperti gemuk dan wajahnya kemerahan. Darah yang naik ke hidung dan mulut itu menyebabkan mulut dan hidung mayat terlihat seperti habis menghisap darah. Selain itu suara erangan aneh itu bisa karena proses pembusukan oleh gas itu. Gas lari keluar dari mulut, ataupun lubang lainnya dari tubuh , seperti proses keluarnya gas perut atau kentut yang lazim kita lakukan setiap hari

3. Dikubur hidup-hidup
Jaman dulu, di mana pengobatan belum secanggih sekarang, bisa jadi orang dikubur hidup-hidup. Disangka mati, padahal cuma pingsan atau koma. Dan pada saat ia bangun, ia menyadari dirinya dikubur hidup2, dan mencoba berteriak meminta tolong dan mencakar-cakar petinya dan berusaha untuk keluar. Inilah kenapa ditemukan bekas cakaran pada tutup peti.

4. Psikopat dan BDSM
Well, mungkin jaman modern ini kita mengetahui tentang prilaku psikopat dan perilaku seksual yang agak unik itu, tp bagaimana jaman dahulu? Bagaimana dengan perilaku seksual yang seperti melukai pasangannya untuk mendapatkan kepuasan seks? Mengigit badan pasangannya? Well, itu bisa saja di salah artikan sebagai ‘vampir’.

5. Wabah penyakit
Black Death dan wabah-wabah penyakit yang bisa menulari 1 desa dan membuat kematian mendadak. Orang-orang tidak paham dengan apa yang terjadi, dan mulai mengarang cerita seru untuk menjelaskan fenomena aneh disekitar mereka.

Penutup

Ada pertanyaan yang sering saya dapat, apakah vampir itu ada? Untuk menjawab pertanyaan ini, memang membingungkan. Manusia memang sudah memiliki konsep tentang mahluk yang meminum darah sejak jaman dahulu. Kita tidak bisa mengatakan vampir itu ada atau tidak, tapi vampir akan terus mengisi pikiran manusia dengan segala pesona dan misteri di belakangnya. Apakah benar masyarakat jaman dulu memang kurang dengan ilmu pengetahuan sehingga menjelaskan kejadian-kejadian aneh itu dengan tahayul yang tidak kalah anehnya, atau memang semua tahayul-tahayul itu betul adanya, dan vampir memang ada di antara kita. Hoo, tak ada yang tahu.

Lalu.. Dracula dan vampir itu bedanya apa sih? Well, ingat baik-baik. Dracula adalah nama karakter vampir buatan Bram Stoker. Sosok vampir Dracula yang mengenakan jubah, dan tampil layaknya aristokrat merupakan legacy dari Bram Stoker, lebih tepatnya berasal dari film Dracula tahun 1931, film ini dibuat berdasarkan novel Dracula karangan Bram Stoker. Aksi Bela Lugosi yang memerankan Count Dracula, dengan jubah dan pakaian ala aristokrat itulah yang menjadi tolak ukur penampilan vampir yang seperti bangsawan ataupun kalangan aristokrat Eropa tersebut. Namun, walaupun begitu vampir tidak harus selalu seorang aristokrat dengan jubah berkibar.[]

Teks | Pic

0 komentar