Monday, June 25, 2012

Kota Ba'albeck: Situs Kuil Purbakala Berbahan Batu Raksasa

Cerpen Horor - Bicara soal Lebanon, ingatan kita tentu langsung melayang pada sosok pujangga cinta Khalil Gibran. Namun, artikel ini tidak sedang membicarakan tokoh legendaris tersebut, walaupun memang fokus pembicaraan kita ada di negara Lebanon, yaitu: kota Ba'albeck.

kota ba'albeck
sisa-sisa reruntuhan kota ba'albeck

Kota Ba'albeck (atau disebut juga kota Ba'a - nama dewa kaum Phoenican) terletak 86 kilometer dari Beirut, ibukota Lebanon. Di kota ini tersimpan kuil-kuil peninggal bangsa Romawi yang saat ini menjadi situs bersejarah.

Menurut sejarah, pada mulanya kota ini menjadi Heliopolis (kota matahari). Tahun 64 SM, orang-orang Romawi mengekspansi Heliopolis saat tampuk pemerintahan Romawi dipegang Julius Caesar. Nama Colonia Julia Augusta Felix Heliopolitana digunakan untuk mengganti nama kota Heliopolis.

Ketika orang-orang Romawi berkuasa inilah, kuil-kuil berbahan batu raksasa dibangun. Di mana, kuil-kuil tersebut didedikasikan untuk dewa Romawi kuno, Jupiter.

Apabila melihat secara langsung tentu akan timbul pertanyaan bagaimana cara membangun kuil-kuil tersebut?

Kabar yang diambil dari blog Irfanrasyid menyebutkan bahwa dinding-dinding dari situs kuil ini memiliki ukuran dan berat batu yang tidak lazim. Kira-kira 1200 - 1500 ton per buahnya dengan ukuran 21,5 x 4,2 meter. Sungguh ukuran yang luar biasa besar!

Dan yang luar biasanya lagi, dinding kuil raksasa ini di kota Ba'albeck diolah dengan sangat teliti dan presisi. Ada sebuah balok raksaasa, yang konon sudah berada di sana - kira-kira 2000 tahun lalu - sejakk pemotongannya (diolah, red.). Nama balok ini "Stone of the Pregnant Woman" dan dinyatakan sebagai batu olah terbesar di dunia.

Hal inilah yang kini menjadi pertanyaan orang-orang di masa kini. Bagaimana cara menyusun batu-batu raksasa tersebut menjadi bentuk kuil, padahal besarnya tak kira-kira.

Tak ayal sejumlah penafsiran mistik pun turut mewarnai di dalamnya. :)

Tim redaksi Cerpen Horor.

0 komentar