Saturday, January 19, 2013

Fakta dan Mitos Rumah Hantu Bukit Darmo

Saat memposting tentang “Rumah Hantu Bukit Darmo” di posting beberapa waktu lalu, sama sekali tidak pernah terlintas di benak gue kalau rumah ini menjadi salah satu urban legend di Surabaya. Nah, sehubungan dengan hal tersebut – waktu itu, postingan gue kan tentang kisah nyata yang dialami oleh sopir taksi di sana – kali ini gue menulis dari sisi itu.

Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Bukit Darmo? Berdasarkan apa yang gue dapatkan lewat google, Bukit Darmo merupakan sebuah daerah perbukitan di Surabaya. Ada yang menyebutkan daerah ini kawasan untuk bermain olahraga golf, ada yang menyebutkan daerah ini kawasan obyek wisata, ada yang menyebutkan perumahan. Yang disebutkan terakhir barangkali lebih pas jika dihubungkan dengan urban legend yang sudah gue posting sebelumnya. Bahkan, saat gue ketik kata ‘rumah hantu bukit darmo’ sederet list langsung muncul, baik yang copy-paste maupun yang menulis sendiri, mengenai daerah perbukitan yang konon horor tersebut.

Tapi, sebenarnya, di mana sih tempat pastinya? Ya, gue menemukan artikel berikut (dicopy-paste hampir semua sumber). Katanya, lokasi yang dimaksud dari rumah hantu ada di Jalan Raya Puncak Permai. Kenapa bisa begitu? Kisah rumah hantu Bukit Darmo sendiri bermula bertahun-tahun sebelumnya, saat ada sekeluarga dibunuh secara membabi buta di rumah itu.

Dan kini, rumah hantu Bukit Darmo dijadikan semacam rumah obyek wisata alternatif. Maksudnya, ya dijadikan wisata spiritual. Karena, hampir setiap malam rumah tersebut tidak pernah sepi pengunjung yang ingin menjajal keberanian. Mungkin inilah yang dimaksud kawasan obyek wisata seperti gue sebutkan sebelumnya, salah satunya.

Apakah hanya Bukit Darmo Surabaya yang ada rumah hantunya? Ternyata tidak, dari sebuah forum, gue menemukan beberapa list rumah yang konon berhantu. Apa saja, lihat daftarnya.

  1. Rumah Sakit Darmo | Banyak karyawan di sana pernah mengalami pengalaman horor di rs ini. Seperti misalnya, “suster” yang tidak menyentuh tanah kalau berjalan.
  2. SMA Kompleks Surabaya | Yang dimaksud dengan SMA Kompleks adalah SMU 1, SMU 2, SMU 5, SMU 9. Beberapa penampakan yang diketahui (entah oleh siapa) tentara pelajar tanpa kepala, guru belanda yang suka dansa, dan suara mesin ketik tengah malam.
  3. Rumah Hantu Kupang | Rumah ini terletak di sebelah kiri di jalan antara Jalan Diponegoro dan Pasar Kembang. Desas-desus yang berkembang adalah tempat ini tempat penyiksaan yang dilakukan tentara Jepang. Salah satu orang yang terkenal versi omongan adalah Cak Durasim, walaupun tidak diketahui siapa dia.
  4. Gedung Grahadi Surabaya 
  5. D*lta Sur*baya (Pl*za Sur*baya) | Konon, mall ini dibangun di atas Rumah Sakit Simpang, yang terkenal dengan legenda suster gepeng. Urban legend yang pernah terkenal tahun 1950-an.
  6. Kantor Gubernur | Menurut desas-desus Pak Karwo (Gubernur Jatim periode 2009 - sampai artikel ini ditulis) agak segan berkantor di sini. Alasan karena itu tadi, "horor".
  7. Balai Pemuda | Zaman Belanda, gedung ini tempat untuk dugem sinyo-sinyo Belanda. Tapi, sekarang dipakai untuk perhelatan nikah atau konser music. Beberapa pengurus DKS (Dewan Kesenian Surabaya) katanya pernah mendengar alunan musik jadul dari dalam gedung itu.
  8. Kantor BPN Surabaya Jalan Tunjungan
  9. Balai Pemkot Surabaya | Nah, banyak wartawan kerap menjumpai seseorang yang tergesa-gesa setengah berlari di lorong-lorong Balai Pemkot.

Nah, menurut lo bagaimana ulasan gue mengenai fakta dan mitos rumah hantu Bukit Darmo? Menarikkah?[]

Sumber:

Follow Twitter kami di @CerpenHoror | Follow Google Plus kami di +Cerpen Horor 

0 komentar