Wednesday, August 21, 2013

H.P. Lovecraft, Guru Para Sineas Film Horor

Jika, Anda sudah khatam membaca buku-buku horor novelis Stephen King, menyaksikan film "Prometheus" atau "Alien", atau mendengar tentang fiksi Arkham Asylum di film "Batman", ucapkan terima kasih kepada H.P. Lovecraft. Ya, penulis buku horor yang karya-karya masyur awal abad 20, kini menjadi inspirasi bagi orang lain sekurun waktu satu abad. Tak cuma sesama penulis, melainkan juga para pembuat film horor.

Lovecraft memang jenius horor, yang pandai meramu cerita horor. Di mana, semua itu tertuang dalam karya-karyanya seperti "The Call of Cthulhu", "The Case of Charles Dexter Ward" dan "At the Mountains of Madness". Karya-karya itu sedemikian populer, sehingga menginspirasi dan munngkin lebih dikenal ketimbang penulisnya sendiri.

H.P. Lovecraft, Guru Para Sineas Film Horor
Credit: PikiranRakyat.com

Tak mengherankan, para fans Lovecraft hendak menganugerahkan penghargaan terhadapnya. Bulan Agustus ini adalah saat yang tepat untuk itu - merayakan karya dan pengaruh terbesarnya. Untuk itu bakal digelar konvensi bertajuk "NecronomiCon" yang berlangsung selama 22-25 Agustuss di Providence. Tempat sang penulis hidup dan wafat di usia 46 tahun pada 1937.

Howard Phillips Lovecraft lahir pada 1890. Kedua orang tuanya meninggal di sebuah rumah sakit jiwa, saat Lovecraft menginjak umur 8 tahun, menurut ST Joshi, yang menulis biografi Lovecraft dan menyunting beberapa koleksi karyanya. Dia hanya tiga tahun mengenyam sekolah menengah atas, keluar karena gangguan saraf, menurut Joshi seperti dikutip Daily Mail, Selasa (20/8/2013).

Selain pernikahan singkatnya yang tidak bahagia yang membawanya ke New York pada 1924-1926, Lovecraft sebagian besar hidupnya tinggal di East Side, Providence dekat dengan Universitas Brown. Dia menulis karya yang paling signifikan setelah kembali ke Providence, dan menerbitkan banyak cerita di majalah Weird Tales.[]

0 komentar