Sunday, June 10, 2012

5 Misteri Misterius [Bagian I]

Belum semua hal di dunia ini terungkap oleh manusia. Sebagian besar masih misteri yang belum berhasil dipecahkan. Tim redaksi Cerpen Horor akan mengulas 5 misteri misterius yang ada di dunia, yaitu:

1. Carnac stones 



Sebanyak 3000 buah batu carnac tersusun dengan rapi dan sempurna sepanjang 12 km di pesisir Britanny di barat laut Prancis.
batu-batu carnac dilihat dari bawah
Menurut legenda batu-batuan yang berasal dari zaman megalithik tersebut merupakan pasukan Romawi yang terkena sihir Merlin. Merlin dikenal sebagai penyihir semasa Raja Arthur hidup. Dia muncul kali pertama dalam karya Geoffrey of Monmouth, Historia Regum Britanniae.
batu-batuan carnac yang berjajar sepanjang 12 km
Namun benarkah demikian adanya? Ide tentang seorang penyihir yang sanggup menyulap seseorang menjadi benda lain, tampaknya merupakan ide yang kering akan imajinasi. Kebanyakan orang zaman sekarang yang berpikir rasional akan menolak ide tersebut!

Jika ide tersebut ditolak lantas pertanyaannya: mengapa batu-batu cornac tersebut bisa sampai di sana? Benarkah batu-batu carnac tersebut seperti batu-batu di Death Valley yang dapat berjalan? Sehingga bisa menyusun dirinya sendiri?
batu-batu carnac berjajar rapi dan terlihat sempurna
Penelitian ilmiah sementara ini menyebutkan bahwa batu-batu tersebut adalah alat pendeteksi gempa. Entahlah, belum ada keterangan pasti mengenai hal ini. Pun identitas para pembuatnya, yaitu kaum Neolithic, belum diketahui secara pasti oleh para arkeolog. Yang jelas, misteri mengenai susunan batu-batuan cornac hingga kini belum terpecahkan.

2. Mumi-mumi Berhidung Mancung dan Berambut Pirang di China

Pada awal tahun 90-an, China digemparkan oleh penemuan mumi-mui berumur 2000-an tahun di lembah sungai Tarim, China bagian barat.

Hal yang lebih mengejutkan adalah fakta bahwa mumi-mumi yang ditemukan tersebut memiliki rambut pirang dan hidung mancung. Beberapa ciri fisik yang biasa kita temukan pada orang-orang Eropa.

Fakta ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan Victor Mayer - seorang dosen universitas ternama di China - pada tahun 1993. Dia mengumpulkan DNA mumi-mumi tersebut lalu melakukan serangkaian tes seakurat mungkin. Kesimpulan yang didapatkannya adalah mumi-mumi tersebut memiliki gen orang Eropa.
ilustrasi mumi-mumi eropa di china (sumber: national geographic)
Migrasi memang salah satu ide yang relevan dengan keberadaan mumi-mumi ini. Bahkan, tulisan-tulisan China kuno tahun 1000 SM menyebutkan adanya kelompok-kelompok yang berasal dari timur jauh disebut Kaum Bei, Yeuzhi dan Tocharian. Timur jauh yang dimaksud bisa jadi wilayah benua Eropa.

Meskipun begitu, hal tersebut tidak serta-merta menyingkap misteri ini. Para ahli pun belum secara resmi menyatakan bagaimana dan mengapa mumi-mumi orang Eropa ini bisa nyasar sampai ke China.

3. Rongorongo

Meski banyak orang mengetahui tentang Moai di Pulau Easter. Namun, sedikit orang mengetahui misteri lain di Pulau Easter, yaitu rongorongo.

Apa itu rongorongo?
bahasa rongorongo yang masih belum terpecahkan
Rongorong dikenal sebagai bahasa tulisan para penduduk awal Easter. Namun, rongorongo adalah bahasa tulisan yang hingga saat ini belum diketahui karena tidak ada yang mampu membacanya, apalagi menerjemahkannya.

Bahkan, penduduk lokal yang tinggal di Ocenia saat ini tidak mengetahuinya. Mereka memang tidak memakai rongorongo dalam kehidupan mereka sehari-hari.
ternyata rongorongo memiliki beberapa versi, baca wikipedia.
Menurut catatan, bahasa rongorongo muncul sekitar tahun 1700-an. Kemudian puna, setelah kedatangan para penjajah - siapa lagi kalau bukan bangsa Eropa - yang melarang penggunaan bahasa rongorongo sebagai bahasa sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan adanya kaitan antara akar pagan penduduk sekitar dengan rongorongo. Entahlah...

4. Hilangnya peradaban bangsa Minoa

Legenda Theseus dan Minatour lahir dari kebudayaan bangsa ini. Bangsa Minoa merupakan warisan dari peradaban yang besar dan menarik.

Hilangnya kebudayaan bangsa Minoa merupakan suatu misteri terbesar yang menarik bagi para arkeolog dan belum terpecahkan sampai sekarang.
peninggalan bangsa minoa

Dari beberapa teori, satu teori yang masuk akal bagi arkeolog adalah gempa vulkanik yang mengguncang Thera, pulau di sebelah Minoan. Catatan-catatan yang ditemukan oleh arkeolog menunjukkan bahwa bangsa Minoa masih sanggup bertahan selama 50 tahun pasca-gempa vulkanik tersebut, sebelum akhirnya mereka benar-benar menghilang.

Namun, apa yang membuat bangsa Minoa tidak mampu bertahan masih menjadi tanda tanya yang membingungkan semua pihak.

5. Hilangnya peradaban lembah Hindus

Selain Mesir, Mesopotamia dan China, lembah Hindus kuno di India termasuk memiliki peradaban yang tinggi pada masanya. Kebudayaan lembah Hindus kuno merentang dari India Barat hingga Afghanistan. Konon, jumlah manusia yang mendiami lembah ini sebanyak 5 juta populasi.
beberapa peninggalan arkeologis lembah sungai Hindus
Jatuhnya kebudayaan lembah Hindus kuno yang mendadak hampir serupa seperti yang terjadi pada peradaban bangsa Maya. Hal ini masih menjadi misteri yang diraba-raba oleh para ahli.

Kurangnya keterangan arkeologis mengenai tentara, perbudakan, konflik, atau apek-aspek dari masyarakat membuat para ahli belum bisa menyimpulkan apa-apa mengenai misteri belum terpecahkan dari lembah Hindus.

0 komentar