Sunday, September 2, 2012

Machu Piccu Antara Fakta dan Sejarah

Machu Picchu merupakan situs bangsa Inca yang dibangun pada abad 15. Situs ini terletak di lembah Urubamba, Peru, di ketinggian 7.970 kaki (2.430 meter) di atas permukaan laut.

Pelestarian situs Machu Piccu sangat baik, kualitas arsitektur, dan pemandangan Gunung Vista membuat situs ini menjadi salah satu situs arkeologi paling terkenal di seantero jagat bumi ini. Luas Machu Piccu mencapai 80.000 hektar (32.500 hektar). Berdasarkan penelitian, bidang bertingkat di tepi situs tersebut pernah digunakan untuk tanaman tumbuh, jagung dan kentang.

machu piccu antara fakta dan sejarah

Pada 1911, seorang arkeolog Hiram Bingham III - seorang profesor di Yale University, mengunjungi situs tersebut dan mempublikasikan keberadaannya untuk pertama kalinya. Ia menemukan Machu Piccu ditutupi oleh vegetasi, yang saat ini hampir tidak ada. Bangunan-bangunan yang dibuat tanpa mortar (semen, red.) (khas Inca), batu granit mereka tambang lalu dipotong.

Ketika menemukan situs ini, Bingham sedang mencari Vilcabamba - ibukota terakhir dari Inca sebelum kekalahan terakhir mereka di tangan Spanyol pada 1572.

Arkeolog menemukan Machu Picchu dalam keadaan utuh. Tampaknya, tidak pernah dikunjungi penjajah Spanyol. Satu-satunya referensi yang ada hanya dokumen Spanyol yang merujuk kata "Picchu" dalam dokumen 1568 - teks itu menyiratkan bahwa kata "Piccu" adalah milik kaisar Inca.

Sebuah tempat tinggal kaisar

Machu Picchu diyakini telah dibangun oleh Pachacuti Inca Yupanqui, penguasa kesembilan Inca, di pertengahan 1400-an. Pembangun kerajaan, Pachacuti memulai serangkaian penaklukan yang pada akhirnya melihat Inca tumbuh menjadi sebuah dunia di Amerika Selatan yang membentang dari Ekuador ke Chili.

Banyak arkeolog percaya bahwa Machu Picchu dibangun sebagai semacam perumahan estate (elite) kerajaan - ide ini kemudian diwujudkan dengan dibangunnya perumahan elite di sektor timur laut. Tempat ini digunakan oleh kaisar dan keluarganya untuk sementara waktu saja.

Sementara, istana kaisar sendiri tampaknya berada di bagian barat daya situs, jauh dari tempat tinggal elit lainnya. Sebuah bangunan yang dikenal hari ini sebagai "Kuil Matahari" yang berdekatan dengan itu.

Sebuah tangga yang berjalan di samping kompleks kerajaan mengarah ke plaza di bawah ini, dan kaisar itu diberikan taman, kamar mandi pribadi dan bahkan daerah toilet pribadi - satu-satunya tempat privasi di situs tersebut.

Meskipun Machu Picchu memiliki dinding, gerbang sederhana dan parit kering (kemungkinan digunakan untuk mengumpulkan air hujan) bangunan ini tidak diatur untuk tujuan militer. Bahkan di dalam pikiran sekalipun. Faktanya, memang tidak ada bukti bahwa pertempuran apapun yang terjadi di sana.

Kuil Matahari

Machu Picchu juga memiliki sejumlah situs untuk kegiatan spiritual. Salah satunya Kuil Matahari atau TorreĆ³n, memiliki desain elips mirip dengan kuil matahari ditemukan di ibukota Inca dari Cuzco. Tempat ini terletak dekat di mana kaisar Inca diyakini tinggal di Machu Picchu.

Sebuah batu di dalam kuil digunakan sebagai altar. Selama titik balik matahari pada bulan Juni, sinar matahari terbit akan langsung menyinari salah satu jendela candi. Ini menunjukkan keselarasan antara batu, jendela dan titik balik matahari.

Di bawah candi terletak sebuah gua, terbentuk secara alami, yang disebut oleh Bingham sebagai "makam kerajaan". Meskipun, hanya ditemukan sedikit bukti bahwa gua itu digunakan untuk makam kerajaan. Sebuah batu diukir tangga terletak di dekat pintu masuk gua dan ruang bawah tanah mungkin difungsikan sebagai tempat religius dari beberapa bentuk.

Kuil Utama dan Intihuatana

Serangkaian struktur agama terletak di barat laut dari situs, berbatasan dengan lapangan.

Salah satu bangunan, dijuluki "Candi Utama" berisi altar batu berukir. Ketika digali, Bingham menemukan bahwa ia memiliki lapisan pasir putih, sesuatu yang terlihat pada kuil di Cuzco, ibukota Inca.

Sebuah gedung yang berdekatan dengan "Candi Utama" dikenal sebagai "Candi Tiga Jendela" dan berisi pecahan gerabah dari aksi ritual tampaknya.

Tapi, mungkin teka-teki terbesar di Machu Picchu adalah sebuah batu raksasa, yang dinamai "Intihuatana" oleh Bingham - setelah batu ukiran lain yang ditemukan di kekaisaran Inca. Batu di Machu Picchu terletak di sebuah panggung yang menjulang di atas lapangan. Tujuannya hingga kini masih misteri. Penelitian yang dilakukan baru-baru ini menyanggah gagasan bahwa panggung tersebut bertindak sebagai jam matahari. Ini mungkin telah digunakan untuk pengamatan astronomi dari beberapa bentuk. Hal ini juga dapat dihubungkan dengan pegunungan yang mengelilingi Machu Picchu.

Hancurnya Machu Picchu

Machu Picchu tidak bertahan dari keruntuhan bangsa Inca.

Pada abad 16, Spanyol muncul di Amerika Selatan, malapetaka menimpa Inca bersama dengan kampanye militer yang dijalankan oleh penjajah. Pada 1572, dengan jatuhnya ibukota Inka terakhir, penguasa akhirnya menyudahi sejarah mereka. Machu Picchu, sebuah kawasan kerajaan yang pernah dimiliki oleh kaisar besar, jatuh ke dalam kehancuran. Saat ini, situs ini dalam daftar PBB situs Warisan Dunia.

Sumber: LiveScience

0 komentar