Sunday, August 12, 2012

Kisah Robert Ettinger: Si Penemu Cryonic (Proses Pembekuan Mayat)

Cerpen Horor - Perkembangan teknologi umat manusia semakin mencapai tahapan istimewa dan mengerikan. Sebuah teknik proses pembekuan mayat agar sel-sel hidup pada jenazah tidak rusak dan kelak bisa dihidupkan kembali ditengarai telah ditemukan. Istilah ini disebuah cryonic. Penemunya adalah Robert Ettinger, seorang ilmuwan dan veteran perang asal Amerika. Sejak tahun 1976, Robert mendirikan sebuah yayasan bernama Cryonic Institute. Di mana, anggota telah mencapai sekira 900-an orang dari sejak semula bisa dihitung dengan jari.

Oke, mari kita bicara soal prosesnya.

jenazah robert ettinger yang di-cryonic setelah meninggal pada usia 92 tahun
Foto: unikaja.com

Tahun 2011 lalu, Robert Ettinger sang penemu cryonic tutup mata di usia 92 tahun. Robert memberikan tubuhnya untuk dijadikan bahan eksperimen ke-106 dari temuannya sendiri. Hari Sabtu tanggal 23 Juli 2011, beberapa menit setelah dinyatakan meninggal, para ilmuan penerus Robert langsung bekerja memproses jenazah Robert Ettinger dengan memberinya lapisan es. Selanjutnya, jaringan tubuhnya diisi dengan senyawa tertentu lalu dibekukan dengan nitrogen cair.

Setelah itu, jenazah Robert dimasukkan dalam peti khusus yang dinamakan cryostat untuk menjaganya agar tetap berada di bawah titik beku. Pada kondisi demikian, diharapkan sel-selnya tidak rusak sehingga jika teknologinya sudah memungkinkan jenazahnya bisa dibangkitkan lagi.

peti khusus bernama cryostat untuk menyimpan jenazah yang telah di-cryonic
Foto: unikaja.com

Tidak semua anggota ingin mengawetkan jenazahnya jika kelak tutup usia. Sebagian dari para anggota hanya ingin mengawetkan DNA (Deoxyribo Nucleic Acid) atau organ tertentu dari tubuh mereka. Bahkan, ada anggota yang hanya ingin mengawetkan binatang peliharaannya, utama anjing dan kucing.

Menurut catatan Cryonic Instutite telah membekukan 64 mayat binatang peliharaan (seperti anjing, kucing, burung dan hamster). Sementara, untuk jenazah manusia, seperti telah disebutkan sebelumnya, Robert Ettinger merupakan pasien ke-106 yang dibekukan dengan teknik temuannya tersebut.

Hmm, mirip cerita fiksi ilmiah bukan? Tapi, apa jadinya, jika yang dibekukan adalah mayat pembunuh berdarah dingin? Apa yang akan terjadi di masa depan? Tentunya akan kisah horor dan teror bakal menjadi headlines news di seluruh kota. [CJ]

0 komentar