Sunday, July 29, 2012

Masjid Ini Punya Lubang yang Langsung Menuju Mekkah

Cerpen Horor - Bulan Ramadhan seperti sekarang ini rasa-rasanya kurang afdhol jika tim redaksi Cerpen Horor tidak mengulas sisi misteri dari sebuah masjid. Karena sebuah masjid yang tua, selain mempunyai sisi sejarah Islam, tentu mempunyai sisi mitos. Pada postingan kali ini ulasan dikhususkan pada Masjid Agung Keraton Buton, Sulawesi Tenggara.

***

masjid yang konon katanya memiliki pusena langsung ke mekkah
m.koprol.com

Masjid Agung Keraton Buton yang berada di Sulawesi Tenggara memang memiliki keistimewaan tersendiri. Masjid peninggalan Kerajaan Islam Buton ini disebut-sebut mempunyai 'lubang yang langsung menuju Mekkah'. Masjid ini dikenal juga sebagai Masjid Agung Wolio. Pada tahun 1930, masjid Agung Wolio pernah di pugar, yaitu sejak masa pemerintahan Sultan Buton ke-37.

Apabila dilihat sekilas, masjid ini tampak seperti kebanyakan masjid lainnya. Arsitekturnya cukup sederhana: persegi panjang. Tidak seperti Masjid Istiqlal di Jakarta atau Masjid Dian Al Mahri (Kubah Emas) yang memiliki bentuk bangunan yang megah.

Pintunya sebanyak 12 di keempat sisinya. Jendelanya sebanyak 12 di bagian atas. Jumlah pintu dan jendela tersebut disesuaikan dengan jumlah pintu pada Benteng Wolio yang jumlahnya juga 12. Itu dari luarnya.

Jika Anda masuk ke dalamnya, beberapa hal cukup mencengangkan dan membuat mulut Anda mengucap "Subhanallah". Seperti dilansir dari situs resmi Pariwista Indonesia,

Senin (23/7/2012), di dalam masjid Agung terdapat pusena (pusatnya bumi). Konon, dari pusena ini acap terdengar suara azan dari Mekkah, Arab Saudi.

Pusena ini berbentuk lubang yang berada tepat di belakang Mihrab. Masyarakat sekitar percaya kalau bekas kompleks Kesultanan Buton ini berada di atas pusat bumi. Lubang yang berada di dalam masjid ini pun dipercayai mereka sebagai gua bawah tanah yang terkoneksi langsung 'menuju Mekkah'.

Selain, dianggap sebagai 'pintu Mekkah', ada mitos lain tentang lubang tersebut. Konon, bila seseorang melongok ke dalam lubang pusena, akan bisa melihat orang tua atau kerabat yang sudah lebih dahulu menghadap Sang Khalik.

Yeah, percaya nggak percaya. Silakan datangi sendiri Masjid Agung Wolio di Sulawesi Tenggara.

Tim redaksi Cerpen Horor

0 komentar