Friday, June 1, 2012

Gampang Jodoh dengan Pelet Marongge

Tak hanya tahu yang terkenal dari Sumedang. Tempat-tempat keramatnya juga terkenal. Makam Marongge salah satunya - yang terkenal tak hanya di Sumedang tapi juga luar provinsi Jawa Barat.

Konon, makam inilah sumber pelet Si Kukuk Mudik (pelet Marongge). Pelet Marongger dikenal ampuh melancarkan urusan jodoh, membuat penampilan seseorang menjadi lebih menawan dan meringankan berbagai urusan. Tak heran, ratusan orang - baik itu pria atau wanita - rela mengikuti ritual di makam Marongger yang digelar tiap Jumat Kliwon tepat tengah malam.

Biasanya, acara ini dipimpin juru kunci. Pada saat yang telah ditentukan para peserta ritual diminta berbaris menuju Sungai Cilutung - berjarak beberapa meter dari makam. Saat itu akan dilakukan ritual kungkum - mandi dan berendam di sungai. Jampi-jampi yang diucapkan oleh juru kunci harus diikuti oleh para peserta.

Ritual diakhiri dengan melepas seluruh pakaian peserta untuk dilabuh ke sungai. Konon, hal tersebut dilakukan supaya kesialan dan hal-hal yang memberatkan turut hanyut dibawa air. Mereka yang sudah menjalani ritual pelet Marongge, kabarnya akan menikmati "hidup baru". Apa yang mereka cita-cita dapat segera terkabul. Tak jarang, banyak peserta mendapatkan jodoh di tempat tersebut. Mereka bertemu ketika ritual berlangsung dan langsung tertarik pada pandangan pertama.

0 komentar